Ekonomi kreatif merupakan sebuah area yang semakin berkembang dewasa. Sektor ekonomi ini merupakan sebuah cara yang cepat untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional [bisnis.keuangan.com]. Ekonomi kreatif itu sendiri terdiri dari beberapa sektor, namun tiga sektor didalamnya menyumbang lebih dari 50% kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap PDB (Product Domestic Bruto) nasional. Ketiganya adalah produk fashion, kuliner dan kerajinan.

Kreative Independent Clothing Community atau lebih sering dikenal dengan KICK menjadi sebuah asosiasi yang tetap konsisten memberikan kontribusi selama 10 tahun belakangan di sektor Ekonomi kreatif di bidang fashion nasional. Hal ini diwujudkan dalam penyelenggaraan event KICKFEST, sebuah pameran industri clothing dan kreatif yang di tunggu oleh public dari tahun ke tahun sejak didirikan tahun 2006 lalu.

Tahun 2016 ini, KICK kembali mempercayakan pelaksanaan KICKFEST kepada PT Dyandra Promosindo sebagai event organizer, dan menggandeng simPATI untuk menyelenggarakan simPATI KICKFEST X The Journey. Diselenggarakan di Lapangan Rampal, dari 2 – 4 September 2016, simPATI KICKFEST X The Journey mengangkat tema Ten Years Anniversary yang di dalamnya dapat memberikan sebuah experience kesegaran visual dalam bentuk yang simple namun playfull.  Tahun 2016 ini, simPati KICKFEST X The Journey menghadirkan brand yang lebih bervariatif, mulai dari brand yang sudah existing dari puluhan tahun sampai brand – brand clothing dengan social media based yang semakin banyak bermunculan beberapa tahun ini. Brand – brand yang hadir di simPATI KICKFEST X The Journey berasal dari 8 kota mulai dari Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Denpasar, Surabaya, dan Bogor yang diantaranya adalah Arena Xprnc, Bloods, BRBL4life, Dloops, Flashy, GeeEight, Hooligans, Inspired, Invictus, Lawless, Noin Brand, NSA, Oink, Post, Rockmen, Rotten, Screamous, Smith, Starcross, Sundaysunday Co, Wknd Dobujack, dan 150 brand lainnya.

Penampilan Naif di panggung utama Kickfest ©IHEARTGIGS /Lucky Brinanda

Penampilan Naif di panggung utama Kickfest ©IHEARTGIGS /Dedi Widianto

Digelar selama 3 hari, tidak hanya dari segi brand yang mendukung event ini agar berbeda dari tahun sebelumnya, namun simPATI KICKFEST X The Journey juga banyak memberikan program acara dengan konten interaktif yang menarik untuk pengunjung seperti Chalk Zone area, Ballyard game area dan Batmobile Area yang merupakan sebuah selfie spot yang sangat langka, dimana pengunjung bisa berfoto langsung dengan real car superhero. simPATI Kickfest X The Journey juga memberikan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung seperti Charging station, fresh point, relaxation corner serta foodistrict. Beberapa kompetisi juga akan diadakan, seperti 60 Second video challenge yang menjadi sebuah pre event simPATI Kickfest X The Journey dan photo contest on the spot.

Tidak hanya itu, selama 3 hari pameran 10 komunitas tampil di lounge stage diantaranya adalah Full of doodle art Malang, Lettering Malang, Action Camera_id, Ngalam Store, Freeletics Malang, EDM Malang, Beatbox Malang dan MAC All Star. Selain performance, komunitas Stalen Zuiger, Demajors Malang, Pokemon Go Malang mengadakan exhibition.

Sesuatu yang baru disuguhkan dari segi music yang kali ini mengusung cross genre, yaitu dengan memberikan special performance dari Band Indie ternama, Dialog Dini Hari, Kelompok Penerbang Rocket dan DeadSquad namun juga menghadirkan band nasional yang sudah tidak asing lagi di blantika musik Indonesia, Naif.

Facebook Comments