Belum lama ini, pihak Rock In Borneo 2016 (RIB 2016) mengonfirmasi bahwa salah satu band metal asal kota Malang, Karat, akan turut meramaikan pesta musik rock/metal tahunan di Tenggarong itu. Tentu ini merupakan kabar bahagia sekaligus membanggakan bagi musik kota Malang, khususnya para personel Karat sendiri.

Bagimana tidak? Dalam gelaran akbar yang rencananya dilangsungkan pada bulan Maret, Karat akan berada satu panggung dengan band-band gahar lainnya, seperti Down For Life (Solo), Taring (Bandung), Hellcrust (Jakarta) dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana Karat bisa menjadi salah satu pengisi acara tahunan yang sebelumnya bernama Kukar Rockin Fest tersebut? Berikut petikan wawancara I Heart Gigs bersama mereka.

IHG: Hai kawan-kawan Karat yang terlihat cukup sehat! Bisa diceritain gak sih gimana lika-liku kalian sampai akhirnya bisa menjadi salah satu pemanas panggung di RIB 2016?

Karat: Hai juga I Heart Gigs, awalnya kita emang udah lama jalin persahabatan dengan teman-teman di Borneo, waktu itu nama band kita masih Nothing That To Say. Tapi tunggu dulu, bukan berarti kita bisa semudah itu main disana. Itu gak mudah, serius. Persyaratan buat jadi pengisi acara di RIB 2016 sendiri kan harus punya album dulu.

Nah, kita kaget karena mereka ternyata kasih apresiasi berlebih kepada karya yang kita buat. Jauh-jauh hari sebenarnya mereka minta Karat langsung ngegarap album, tapi kita cuma kirim empat lagu versi demo dari single-single kita kesana. Terus, pas tim RIB 2016 melakukan survey, ternyata banyak yang minta Karat buat main. Alhasil, manajemen kita dihubungi via telepon dan kita pastinya gak nolak dong kalau ada tawaran emas kayak gitu hehehe…

IHG: Kira-kira apa saja yang sudah kalian siapkan buat acara tersebut? Dan sudah sejauh mana?

Karat: Buat sekarang kita semua masing-masing lagi sibuk memenuhi kebutuhan gear dan juga sound yang mateng buat manggung disana. Diluar itu, Karat gak muluk-muluk kok. Kita semua pengen nunjukkin kualitas dan membuktikan kalau teman-teman Borneo gak salah udah milih kita.

IHG: Apa ada hal spesial yang bakal dikasih Karat buat penikmat musik di Tenggarong nanti?

Udah jelas kalau Karat akan berusaha menampilkan performa terbaik dan tidak asal-asalan. Pokoknya dari segala sisi kita benahi dulu semuanya, baik itu sound, performa di atas panggung sampai karakter kita bermain.

IHG: Selain tampil di RIB 2016, apa ada aktivitas lain disana?

Karat: Insha Allah kita sudah dihubungi sama teman-teman Balikpapan dan Samarinda. Mereka rencananya mau bikin acara sendiri di café-cafe dan Karat diundang. Masih on progress sih, doakan saja.

IHG: Harapan Karat selepas pulang dari Tenggarong?

Karat: Semoga ini menjadi langkah awal kita untuk menjadi lebih baik. Kita juga ingin menunjukkan kalau Karat bukan band asal-asalan, bisa diperhitungkan dan menjadi band yang layak buat dinikmati oleh semua Metalhead Indonesia.

Semoga semua doa dan dukungan tetap mengalir dari semua teman-teman di kota Malang. Selamat berjuang, Karat!

Text : Yudha Prastianto
Photo : Dedi Widianto

Facebook Comments