Nama Dandy Gilang tentu sudah tidak asing lagi di ranah musik independen Kota Malang. Setelah sukses dengan proyek Write The Future dan Much, musisi berusia 24 tahun ini bersolo karir di bawah nama Linger. Sebelumnya Linger telah merilis satu single berjudul “Congratulations, You’re Getting Old” melalui Soundcloud di akhir tahun 2016. Single tersebut disambut hangat oleh para pendengar yang bisa menguak sisi lain dari seorang Dandy Gilang di luar proyek band-band yang telah ada. Selang setahun, Linger kembali menelurkan single terbaru dengan judul “Condescending” di beberapa kanal streaming digital seperti Spotify, Apple Music, Deezer, dll. Single ini diluncurkan di bawah bendera label rekaman Fallyears Records, yang juga menaungi Beeswax, Dizzyhead dan The Talkboy.

Lagu berdurasi 3 menit dan 10 detik ini kental dengan nuansa indie rock dengan sentuhan Midwest sound yang mengajak pendengarnya untuk menggerakkan kepala mengikuti irama. Dandy sendiri mengungkapkan bahwa dia terpengaruh oleh corak musik Philly (Philly sound) yang bisa didengar di Modern Baseball, dan juga menyebutkan Jeff Rosenstock sebagai panutan utama. Dalam single ini, kita juga dapat mendengar sentuhan punk yang tidak hanya bisa disalurkan ke berbagai macam tempo lagu. “Condescending” sendiri bisa diartikan sebagai sebuah perasaan lebih baik daripada orang lain, dan semua orang pasti pernah mengalaminya. “Kamu dan saya sendiri pasti pernah marasa lebih dari orang lain. Di sisi lain, meskipun ingin lebih baik saya juga nggak pengen terlalu ‘holier than thou’. Jadi intinya lagu ini seperti berusaha berbuat sesuatu, berbuat baik tapi juga tidak ingin dianggap cari muka. Seperti itu lah,” ungkap Dandy mengenai makna lagu ini.

Linger telah tampil di beberapa kesempatan secara live dengan membawakan beberapa lagu secara akustik. Single kedua ini sekaligus memantapkan langkah Dandy Gilang untuk mengembangkan musiknya dengan bantuan Bagas Yudhiswa di bagian mixing dan mastering. Lagu “Condescending” bisa didengarkan di tautan di bawah ini.

Facebook Comments