Banyak yang menyayangkan pelenggaraan MJF 2018, tapi tidak sedikit pula yang bergoyang dengan riang. Hail Via Vallen!

Dewasa ini, festival jazz yang terlihat seperti kekurangan line up musisi. Trend yang mulai ramai sejak Java Jazz 2012 hadir menggandeng idol group JKT 48 ini kian menjamur. Banyak musisi pop yang memadati wish list guest star festival jazz. Bahkan, penyanyi dangdut Via Vallen pun sudah dua kali jadi pemuncak event jazz besar di Jawa Timur.

Malang Jazz Festival 2018 merupakan panggung kedua bagi Via setelah Jazz Traffic di Surabaya bulan lalu. Meskipun ada banyak pihak yang mempertanyakan hal ini, sebenarnya tidak ada yang salah dengan siapa tampil di mana. Justru ini merupakan tanda bahwa jazz tidak terkotak-kotak. Ini adalah isyarat bahwa jazz terbuka untuk fans Kahitna atau bahkan Vianisty. Buktinya ribuan massa yang hadir di Harris Convention Centre tempo hari tidak lelah untuk terus sing along dan bertahan hingga akhir acara.

Secara umum, Malang Jazz Festival 2018 cukup menyenangkan dan penuh kejutan. Salah satunya adalah sosok Marcello Tahitoe sebagai mystery guest. Ello dipasangkan dengan musisi jazz kawakan, Idang Rasjidi di stage bus. Di panggung kecil yang jauh dari spotlight. Tapi tidak masalah, karena “Wonderwall” yang dibawakan Ello dan sang maestro cukup ciamik di telinga. Belum lagi kolaborasi Djaduk, Idang Rasjidi dan Endah Laras yang membawa angin segar di tengah line up yang nge-pop. 

Akan ada kejutan apa lagi di Malang Jazz Festival tahun depan? Kita tunggu saja.

Facebook Comments